10 Fakta Kehidupan Halimah Yacob, Presiden Muslimah Pertama di Singapura

Posted on

Maidany.com – Setelah melewati serangkaian prosesi pemilihan akhirnya Singapura memiliki presi den baru, negara multi etnis yang sempat mendapat julukan Macan Asia Tenggara kini dipimpin oleh seorang presiden Muslimah bernama Halimah Yacob.

Baca juga : Akhirnya Terpilih… Halimah Yacob, Presiden Muslimah Pertama Singapura, Simak Kisahnya

Elections Department (ELD) -semacam badan urusan pemilu di Singapura, Senin (11/9), akhirnya menetapkan hanya ada satu dari tiga kandidat yang mendapat sertifikasi kelayakan (Certificate of Eligibility) untuk menjadi presiden.

Halimah, mantan Ketua DPR Singapura berusia 63 tahun itu pun menyisihkan dua orang rivalnya yakni Farid Khan Ketua Bourbon Offshore Asia Pacific dan Salleh marican yang merupakan Kepala Eksekutif Second Chance Properties Mohamed. Keduanya dinilai tidak memenuhi standar ELD.

Rencananya, ELD bakal menyampaikan penetapan resmi pelantikan Presiden pada Rabu 13 September 2017 di markas Asosiasi Rakyat di King George’s Avenue. Halimah Yacob akan memulai masa jabatannya pada Kamis, keesokan harinya.

Sosok Halimah Yacob pun sontak menyedot perhatian bukan hanya di negeri berpenduduk 5,6 juta jiwa itu, tetapi juga bagi warga dunia.

Berikut ini 10 Fakta Menarik presiden kedelapan Singapura Halimah Yakob, yang dirangkum Halallifestyle dari berbagai sumber:
1. Lahir 23 Agustus 1954, Halimah merupakan anak bungsu dari lima bersaudara.

2. Menjadi yatim pada usia delapan tahun saat sang ayah -seorang muslim India yang bekerja sebagai penjaga keamanan pada pemerintah, meninggal dunia. Kepergian ayahanda membuat keluarganya harus meninggalkan perumahan khusus untuk pegawai pemerintah sehingga mereka terpaksa menumpang di rumah keluarga besar.

3. Sepeninggal sang ayah, ibunda Halimah berjualan nasi padang yang dibantu Halimah kecil dengan membersihkan meja, mencuci piring, hingga melayani pelanggan. Hasil didikan ibunya membuat Halimah menjadi sosok pekerja keras dan sederhana.

4. Sekitar akhir 1960-an, Halimah menghadiri Singapore Chinese Girls School. Dia merupakan salah satu dari sedikit murid Melayu yang hadir di sana.

Baca juga : Heboh Peneliti Temukan Desa Kuno yang 10.000 Tahun Lebih Tua dari Piramida

5. Halimah melanjutkan pendidikan ke University of Singapore dan lulus dengan gelar sarjana hukum pada tahun 1978. Dari lima bersaudara hanya Halimah yang mengenyam pendidikan tinggi.

6. Usai wisuda, Halimah langsung bergabung dengan National Trades Union Congress (NTUC) sebagai petugas hukum dan selama lebih dari 30 tahun bergabung. Dia kemudian ditunjuk sebagai wakil sekretaris jenderal NTUC.

7. Pada 1980, Halimah menikah dengan Mohamed Abdullah Alhabshee, seorang pengusaha, yang merupakan kekasihnya di kampus. Mereka memiliki lima anak yang kini berusia antara 26 sampai 35 tahun.

8. Pada 2001, Halimah terjun ke dunia politik atas desakan perdana menteri Goh Chok Tong. Dia mengikuti pemilihan dan memperebutkan kursi di Jurong GRC dan Marsiling-Yew Tee GRC.

9. Pada 2011, Halimah menjadi Menteri Negara di Kementerian Pengembangan Masyarakat, Pemuda dan Olahraga. Dua tahun kemudian Halimah ditunjuk sebagai ketua DPR perempuan pertama di Singapura.

10. Maimun Abdullah, ibunda Halimah meninggal dunia dalam usia 90 tahun pada 11 September 2015. Sang ibu mengembuskan nafas terakhir pada Hari Pemungutan Suara Pemilu 2015. Halimah yang sangat dekat dengan ibunya menggambarkan hari itu sebagai “saat paling menyedihkan dalam hidupku”.

Oleh banyak kalangan, sosok Halimah yang sederhana dan pekerja keras dianggap mampu menyatukan beragam kaum di Singapura mulai dari masyarakat Melayu, India, Cina dan lainnya. Dia pun menerima banyak penghargaan salah satunya Singapore Women’s Hall of Fame pada 2014.

Baca juga : Setelah Berbagai Upaya, Akhirnya Aung San Suu Kyi Terseret ke Mahkamah Internasional

Halimah menjadi orang keturunan Melayu kedua yang memimpin Sing

apura setelah Yusof Ishak (kelahiran Padang), presiden pertama Singapura dari tahun 1965 –1970. (hl)

(Visited 150 times, 1 visits today)
Loading...