Astronot Peake Potret Bumi dari Antariksa, Hasilnya Bumi Datar atau Bulat?

Posted on

Maidany.com – Hingga saat ini, perdebatan mengenai bentuk bumi masih saja terus berlanjut. Apakah bumi itu datar dan pusat tata surya atau bulan dan mengelilingi bumi? Bahkan, soal ini pun sampai ada fans masing-masing. Fans bumi datar (FE) dan Fans bumi bola (GE).

Anda termasuk yang mana? Atau Anda masih bingung? Pasalnya, ada seorang astronot yang memotret bentuk bumi dari antariksa. Hasilnya seperti berikut ini.

(Baca juga : HATI-HATI !! Di Umur 50 an Jangan Sepelekan Kesemutan)

Kamu bisa temukan jawabannya di buku berjudul Hello, Is This Planet Earth?: My View from the International Space Station. Buku yang terbit pada 6 Juni 2017 ini merupakan hasil ceritanya Tim Peake, seorang astronot dari Badan Antariksa Eropa (ESA). Di buku tersebut, terdapat gambar bumi dari luar angkasa.

Dikutip dari Popular Science, buku hardcover berwarna ini memperlihatkan 150 foto memikat yang diambil dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Selama misi enam bulan di ISS, Peake menjalankan misi yang gak pernah dilakukan astronot lain, yakni maraton di luar angkasa. Selama misi tersebut, ia juga menangkap ratusan foto yang menakjubkan.

Peake mengambil berbagai angle gambar dari planet yang kita sebut “rumah”. Ada lampu-lampu dari berbagai negara, keindahan aurora di kutub, pemandangan laut, pegunungan, dan juga padang pasir yang gak terlupakan. Jadi, bumi itu bulat atau datar? Coba simpulkan sendiri berdasarkan foto-foto berikut ini.

Stasiun Antariksa Saat Pagi

Foto Stasiun ISS yang diambil saat menjelang matahari terbit ini sangat mengagumkan. Gambar ini diambil dari jendela Cupola, laboratorium astronot Amerika, Jepang dan Eropa.

Auorora di Kanada

Aurora di utara Kanada memancarkan rona merah muda keunguan. Rona tersebut merupakan hasil dari oksigen atom yang tereksitasi pada ketinggian yang lebih tinggi dan terkena paparan cahaya matahari yang lebih intens.

(Baca juga : TERNYATA Begini Caranya, Trik SULAP Orang Bisa Duduk Melayang)

Wahana Soyuz

Dengan wahaya ini Tim Peake akan pulang, Soyuzz TMA-19m. Wahana Progress (kanan) juga sedang berlabuh di ISS.

Malam Berbintang

Melihat pemandangan ini rasanya pas kalau ditemani lagu Coldplay yang berjudul “A Sky Full of Stars”. Coldplay benar. Terkadang, bintang-bintang tampak begitu terang dari ISS, sehingga sulit untuk membaca konstelasi rasi yang ada.

Kawah di Kanada

Untuk diketahui,kawah Manicouagan ini usianya 210 juta tahun

Berdasarkan pembahasan di atas dari hasil cekrak cekrek astronot ini, sekarang Anda masih bingung lagi atau tidak mengenai bentuk bumi?

Sumber

(Visited 29 times, 1 visits today)
Loading...