Heboh! Inilah 11 Tempat Wisata Paling Populer di Purwakarta Yang Jarang Orang Tahu

Posted on

Sumber : Mohammad Yanuar Firdaus

Apa hal pertama yang muncul di benak Anda ketika mendengar kata ‘Purwakarta’?

Mungkin banyak di antara kita yang sekadar mengenal Purwakarta karena bupatinya (Dedi Mulyadi) yang eksentrik. Selain itu, mungkin hanya sedikit yang tahu akan kabupaten yang berjarak kurang lebih 80km sebelah timur Jakarta atau sekitar 60km dari Bandung tersebut.

Faktanya, bukan Dedi Mulyadi saja yang membuat Purwakarta pantas dikenal. Alam yang indah juga layak menjadikan kabupaten sering terlewat dalam perjalanan dari Jakarta ke Bandung itu menjadi jujukan Anda dan keluarga menikmati masa liburan.

1. Satu tempat untuk semua kegembiraan: The Colorville at Alam Sari Wates

The Colorville bisa menjadi tempat pemanasan bagi Anda dan keluarga atau sahabat untuk memulai petualangan di Purwakarta.

2. Pertunjukan air mancur terbesar di Asia Tenggara: Taman Air Mancur Sri Baduga

Permainan tata cahaya dan semprotan air menjadikan Air Mancur Sri Baduga menjadi wahana yang menarik untuk disaksikan. Bahkan kabarnya akan ada pertunjukan kolosal dengan sound system yang keren untuk menambah keajaiban air mancur ini.

3. Tempat kereta api menghabiskan sisa hidupnya: Kuburan Kereta Api Stasiun Purwakarta

Stasiun Kereta Api Purwakarta menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik dan istimewa khususnya bagi pecinta fotografi.

4. Lokasi indah yang begitu menguras memori: Kampung Panenjoan

Pemandangan alamnya adalah yang jadi andalan di Kampung Panenjoan. Dengan perkebunan, gunung dan Danau Juanda Jatiluhur sebagai latar belakang, Anda bisa ‘menangkap’ semua itu dengan hanya satu jepretan.

5. Mengagumi alam dan segala keindahannya: Gunung Lembu

Purwakarta memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Untuk membuktikannya, Anda harus menuju ke Gunung Lembu.

6. Bukan sekadar penampungan air biasa: Waduk Jatiluhur

Waduk terbesar di Indonesia, dengan luas 8.300 Ha tersebut memiliki segudang potensi wisata yang untungnya kebanyakan sudah dimaksimalkan.

Sekadar menikmati keindahan waduk, Anda bisa merapat ke Istora Resort Jatiluhur, spot yang letaknya tepat di pinggiran bendungan. Pengelola resort juga sudah menyiapkan sejumlah tempat untuk Anda berpose dengan teman dan keluarga Anda.

7. Spot sunrise terbaik dan paling memorable: Gunung Bongkok

Dengan ketinggian tak sampai 1000 mdpl, Gunung Bongkok relatif mudah didaki. Juga ada dua opsi menikmati alam sekitar ketika sampai puncak, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk.

Pemandangan yang ditawarkan adalah lansekap Kota Purwakarta yang memukau, Gunung Parang dan Waduk Jatiluhur. Dengan background tersebut, Anda akan punya banyak angle pengambilan gambar yang eksotik.

8. Sumber mata air yang penuh keajaiban: Mata Air Cijanun Di Gunung Burangrang

Tekstur bebatuan pada sisi kolam, ditambah dengan perbukitan di satu sisi dan perkebunan di bagian lainnya, lumrah jika kemudian tak sedikit yang menyebut kolam pemandian Mata Air Cijanun sebagai spot yang luar biasa asyik.

9. Sensasi berenang di atas langit: Giri Tirta Kahuripan

Skypool Giri Tirta Kahuripan merupakan salah satu bagian dari agrowisata Resort Giri Tirta Kahuripan. Di dalamnya terdapat hotel dan restoran, serta beragam spot untuk kegiatan outbound.

10. Beraktivitas ekstrem sambil menikmati pemandangan: Gunung Parang

Di Gunung Parang, Anda bisa melakukan aktivitas bersantai di hammock, ropelling, rappelling, atau kegiatan ekstrem lainnya.

11. Merasakan suasana pedesaan sambil belajar budaya Sunda: Kampung Wisata Tajur

Selalu menarik bisa melihat langsung kehidupan warga lokal di pedesaan, ambil bagian langsung dalam setiap kegiatan budaya warga setempat.

(Visited 105 times, 3 visits today)
Loading...