Patung Gaja Mada

Ini Penjelasan Muhammadiyah Kota Yogyakarta Terkait Gaj Ahmada atau Gajah Mada?

Posted on

Media sosial beberapa hari terakhir sempat ramai memperbahas siapa nama asli Patih Kerajaan Majapahit yang selama ini di kenal dengan Gajah Mada, malah menjadi Gaj Ahmada. Dan terjadi pula perdebatan di media sosial bahwa Kerajaan Majapahit adalah kesultanan dan Gaj Ahmada beragama Islam.

Dari informasi yang viral di media sosial disebut bahwa kesultanan Majapahit berasal dari penelitian yang kemudian dijadikan buku dengan judul “Kesultanan Majapahit: Fakta Sejarah yang Tersembunyi”.

Buku tersebut diterbitkan oleh Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pengurus DaerahMuhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta.

Ashad Kusuma Djaya Wakil Ketua PD Muhammadiyah Kota Yogyakarta yang membawahi LHKP menegaskan, tidak ada campur tangan Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta dalam penulisan buku Kesultanan Majapahit.

Ia juga menambahakan, seperti dikutip dari laman Tribunnews.com Sabtu (17/06/2017) malam. “LHKP hanya memfasilitasi kajian, kemudian yang ikut diskusi dan kajian itu patungan untuk menerbitkan buku. Tidak ada dana dari Muhamamdiyah,”.

“LHKP isinya adalah komunitas anak muda yang senang dengan isu-isu alternatif,” ucapnya.

Ashad mengaku mengenal baik Herman Sinung Janutama, penulis buku “Kesultanan Majapahit” karena sama-sama pemerhati budaya Jawa.

(Visited 17 times, 1 visits today)
Loading...