Desain interior dapur sederhana

Inilah 3 Hal Penting Saat Mendesain Dapur Indah Dan Nyaman

Posted on

Dapur menjadi satu bagian penting pada sebuah rumah. Dapur digunakan sebagai tempat masak memasak dalam kehidupan sehari-hari, tidak heran jika dapur menjadi tempat yang penting untuk para ibu.

Desain dapur sering menjadi perhatian, karena perletakan tata ruang dapur akan mempengaruhi kenyamanan ruang itu sendiri. Semakin indah dan fungsional sebuah dapur, maka semakin nyaman pula kegiatan masak-memasak. Tidak dipungkiri nantinya akan berimbas kepada hasil masakan.

Untuk mendesain sebuah dapur yang indah perlu memerhatikan beberapa hal, apalagi jika dapur Anda termasuk dapur yang mungil. Selain memanfaatkan aspek fungsional, sangat penting untuk memperhatikan efek estetika dan nantinya akan berpengaruh pada tampilan dapur.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat mendesain dapur? Simak pembahasan berikut.

1. Pengudaraan dan pencahayaan

Dapur adalah tempat berbagai kegiatan memasak serta menyediakan makanan dan minuman, penghuni rumah sering kali menggunakan peralatan yang menyebabkan panas dan berasap. Begitu juga beberapa alat elektronik yang diletakkan di dapur, benda-benda tajam juga tidak asing lagi berada di dapur. Oleh karena itu dibutuhkan aliran udara dan pencahayaan yang baik.

Ruang dapur haruslah terang, dapur yang gelap dapat mempersulit penglihatan ketika bekerja di dapur dan bisa membahayakan. Terlebih lagi jika dalam keadaan lelah. Selain itu, dapur akan terlihat lebih luas dalam keadaan terang sehingga memanfaatkan cahaya seoptimal mungkin dan dapat menjangkau semua bagian dari dapur. Akan lebih bagus jika memiliki bukaan sebagai pencahayaan alami.

Aliran udara di dapur haruslah lancar dan tidak terhalang. Ini membuat uap dan asap mudah mengalir keluar dan tidak menjadikan keadaan udara di dapur sesak dan berbau. Untuk itu dibutuhkan ventilasi untuk mengalirkan udara. Tidak perlu memasang ventilasi yang besar dan banyak, ventilasi yang kecil dan jumlahnya cukup namun dapat mensirkulasikan hawa di dalam dapur.

2. Pemilihan Furnitur/Perabot

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan furnitur dapur untuk menambah keindahan interior ruang masak telah banyak meningkat. Furnitur dapur terus berinovasi menurut perkembangan mode, mungkin Anda sudah mengenal kabinet dapur. Kabinet dapur sering digunakan pada desain dapur minimalis, akan tetapi pada dasarnya fungsi kabinet itu sendiri ialah untuk memanfaatkan area kosong agar dapat difungsikan untuk hal lain.

Semakin sering Anda beraktifitas di dapur maka semakin banyak pula perabotan masak yang diperlukan. Penggunaan kabinet menjadi efisien untuk menyimpan perabotan seperti piring, gelas dan perabotan lain sekaligus menjaga dapur tetap rapi. Pemilihan kabinet dapur yang tepat yaitu yang dapat mengakomodasi setiap jenis perabotan dapur yang Anda miliki, perletakan kabinet mempengaruhi tampilan dapur dan pergerakan manusia di area dapur tersebut.

3. Pemilihan Warna

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan ialah pemilihan warna. Yang harus diperhatikan saat mendesain dapur tidak hanya pewarnaan dinding dapur, namun warna kabinet dan langit-langit dapur juga penting untuk diperhatikan. Sering sekali warna dapur dibuat mencolok agar terkesan lebih hidup dan menarik. Namun tak jarang desain yang mencolok ini menyakiti pandangan mata.

Sebenarnya warna dapur yang baik adalah warna yang bisa menyelaraskan antara warna dinding, kabinet, dan juga langit-langit. Tidak harus sama warna, tapi yang terlihat lebih baik dan selaras saat dipadukan. Sesuaikan juga dengan tema interior yang Anda inginkan.

Jika dapur Anda mungil, akan lebih baik Anda menghindari pemakaian warna yang gelap. Jika Anda ingin menggunakan warna yang cerah, gunakanlah warna dengan tone yang lembut. Jika dinding Anda cukup luas dan memiliki banyak bukaan, sebaiknya Anda memaksimalkan pencahayaan dan efek warna melalui cat yang bewarna cerah.

Dari penjelasan di atas tentu Anda sudah punya gambaran tentang bagaimana dapur yang indah dan nyaman. Nah sekarang Anda sudah bisa mendesain dapur Anda sendiri. Namun jikalau Anda masih kesulitan mendesain dapur yang indah dan nyaman, Anda dapat menghubungi dan berkonsultasi langsung dengan ArsitekMedan yang memang ahli di bidang mendesain.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(Visited 45 times, 1 visits today)
Loading...