Jlebb! Ini Respons Mahasiswa IPB Atas Kritik Presiden Jokowi “Yang Jadi Petani Siapa?”

Posted on

Maidany.com – Seorang mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Imam Fauzi Tanjung (20), Kamis (7/9) mengatakan, banyak lulusan IPB yang berkarier di bidang pertanian, selain bidang lainnya. Dan ada lulusan IPB yang sukses menggarap buah naga, dan ada pula yang membina petani Jeruk di Garut.

Sebelumnya Saat menghadiri Dies Natalis Ke-54 Institut Pertanian Bogor (IPB) di Bogor, Jawa Barat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar para lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sesuai dengan jurusan yang diambil.

Baca Juga : Lulusan IPB Bekerja di Bank, Jokowi: Yang Jadi Petani Siapa? Ini Jawaban Rektor IPB

“Namun sayangnya berita tersebut luput dari perhatian masyarakat,” katanya, menanggap pernyataan Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Kampus IPB pada Rabu (6/9). Jokowi saat itu menyebut banyak wisudawan IPB yang lebih senang bekerja di sektor perbankan daripada di sektor pertanian.

Imam menambahkan, Fakultas Pertanian IPB bekerja sama dengan pemilik Sabisa Farm yang mengajarkan mahasiswa untuk menjadi pengusaha. Menurut Imam, tidak seluruh fakultas di IPB hanya bersangkutan dengan pertanian. Karena sebenarnya, IPB juga memiliki Fakultas Ekonomi Manajemen yang nantinya akan mengatur keuangan yang paham tentang pertanian.

Ia menambahkan, pengertian luas tentang pertanian adalah sistem bagaimana menyejahterakan pertanian dan bagaimana para petani memperoleh hasil pertanian dengan nilai tambah, itu semua harus dibantu dari pendanaan. Pegawai bank yang lulusan IPB nanti akan membantu kebutuhan-kebutuhan petani karena selama ini petani di Tanah Air masih belum tercukupi.

Imam mengaku setuju apabila karyawan perbankan badan usaha milik negara (BUMN) merupakan orang-orang lulusan IPB. Karena, lulusan IPB tersebutlah yang mengerti tentang pertanian, sehingga bank-bank yang ada bisa terkonsentrasi untuk membangun kemakmuran pertanian yang sekarang membutuhkan dana besar.

Baca Juga : Telak. Guru Besar ini Balas Sindiran Jokowi ‘Jadi Petani Siapa?’

Mahasiswa Fakultas Perternakan IPB Muksin Ansori (20) mengatakan, untuk memajukan pertanian Indonesia tidak harus semua lulusan IPB yang turun tangan ke sawah untuk menjadi petani. Muksin mengatakan, dengan menjadi pengusaha dan ikut membina petani juga dianggap bagian dari membangun sektor pertanian.

“Banyak lulusan IPB yang menjadi pengusaha pertanian seperti Pak Gun Soetopo. Dia memiliki lahan pertanian yang luasnya berhektare-hektare dan mampu mengekspor buah-buahan dan sayur-sayuran dalam jumlah besar,” ujar Muksin.

Sumber

(Visited 23 times, 1 visits today)
Loading...