NEWS! Kapolri akan Bertemu Kepala Polisi Myanmar untuk Bahas Hal Ini

Posted on

Maidany.com – Selasa (12/9) pekan depan dalam konferensi politik tingkat Asia yang diselenggarakan di Singapura. Kapolri Jenderal Tito Karnavian berencana melakukan pertemuan dengan Kepala Kepolisian Myanmar untuk membahas krisis Rohingnya. Pertemuan itu juga akan membahas penanganan masyarakat sipil dalam situasi konflik.

Baca Juga : Terbungkam! Kapolri Tito Diminta Jaga Ucapannya Terkait Krisis Rohingya

“Saya nanti tentu minta waktu untuk melakukan pertemuan bilateral (bilateral meeting) dengan Kepala Kepolisian Myanmar untuk diskusikan soal masalah ini (Rohingnya),” ujar Tito kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (9/9).

Dalam pertemuan itu, kata Tito, dirinya berencana melakukan tukar pengalaman dalam menangani kelompok bersenjata dalam konflik masyarakat. Tujuannya supaya masyarakat sipil tidak menjadi korban utama konflik.

Tito melanjutkan, upaya yang dilakukan Polri ini merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah atas sikap diplomatik terkait krisis Rohingnya. “Pembicaraan yang sifatnya diplomasi lebih efektif,” tegas dia.

Lebih lanjut Tito menjelaskan, konflik di Rohingnya merupakan kasus menyangkut etnisitas. Namun, dalam etnis tersebut lekat dengan identitas Islam.

Baca Juga : Tito Sebut Isu Rohingya “Digoreng” untuk Serang Pemerintahan Jokowi, Ini Sebabnya!

Karena itu, kata Tito, jika penanganan konflik dilakukan secara militer, tidak bisa dibedakan mana yang melakukan penyerangan kepada polisi dan mana yang masyarakat sipil.

“Kalau masih berlangsung, itu yang akan membuat masalah baru yang lebih luas. Nanti jihadis dari sana dan dari seluruh dunia bahkan Indonesia bisa datang ke sana (Rohingnya), seperti yang terjadi di Suriah,” tegas Tito.

Sumber

(Visited 17 times, 1 visits today)
Loading...