Tempak Kejadian Perkara

Pakar Viktimologi : Jangan Sebar Gambar Korban atau Pelaku Suatu Kejadian

Posted on

Belum lama ini sempat beredar luas di media sosial foto-foto dan rekaman video yang menunjukkan kondisi korban dan diduga pelaku ledakan bom di dekat WC umum Terminal Kampung Melayu kemarin, Rabu (24/05/2017) malam, Jakarta.

 
Heru Susetyo, pakar viktimologi berpendapat masyarakat maupun warganet sebaiknya tidak mengambil gambar foto atau video, ataupun menyebarkan dan meneruskan gambar dan video para korban kecelakaan maupun korban kejahatan.

 
Sekjen Asosiasi Pengajar Viktimologi Indonesia (APVI) ini mengungkapkan, hal tersebut dikarenakan menurutnya tidak membawa kemanfaatan apapun. Sebaliknya, justru berpotensi menimbulkan penderitaan tambahan (reviktimisasi) kepada para korban (apabila masih hidup) dan keluarganya.

 
Namun demikian, tak bisa dipungkiri peran masyarakat dalam mengabarkan informasi yang begitu cepat dari suatu tempat. Walaupun cukup sering tanpa sensor dan keakuratan informasi.

 
“Mari menghargai hak para korban dan keluarganya,” seru Heru saat diminta keterangan dari hidayatullah.com, Kamis (25/05/2017).

(Visited 49 times, 1 visits today)
Loading...