PANAS!! INDONESIA vs MALAYSIA: Semi Final Rasa Final

Posted on

Maidany.com – Rivalitas dua negara tetangga akhirnya bertemu kembali dalam partai Semi Final di ajang Sea Games 2017. Keberhasilan Timnas U-22 Indonesia menaklukan Tim Kamboja dengan hasil 2-0 yang disumbangkan oleh Ezra Alian dan Febri Hariyadi memuluskan laju anak buah Luis Milla menuju babak semi final sepak bola SEA games 2017.

Duel Semifinal Indonesia vs Malaysia malam ini tepatnya pukul 19.30 di Stadion Sah Alam menjadi pertemuan ke 20 diajang Sea Games sejak tahun dihelat pada tahun 1977 sampai tahun 2017.

Rivalitas dua negara tetangga ini tidak pada masalah politik dan sosial saja, tapi sepakbola juga menjadi arenanya. Adalah aksi heroik “Ganyang Malaysia” dari Presiden RI Ir. Soekarno 1955 mengawali rivalitas kedua bangsa serumpun.

(Baca Juga : Tips Sederhana Cara Cepat Putar Uang untuk Para Pebisnis Pemula)

Aroma dendam, panas dan heroik akan menjadi warna pembeda. Evan Dimas cs bahkan menganggap semifinal ini sebagai “harga diri bangsa”, seperti yang disampaikan Dahrun Usman dalam tulisannya pada Kompasiana.

Tak tanggung-tanggung, Tim Garuda akan menentang jagoan Grup A yang juga tuan rumah penyelenggara SEA Games yang punya target menang, apalagi cabang bola menjadi pusat perhatian bukan saja para suporter tetapi semua masyarakat Asia Tenggara bahkan dunia.

Sejak Kamis malam itu, suporter Indonesia sudah ribut akan mendukung habis-habisan Tim Merah-Putih. Lewat media sosial, mereka berkoordinasi untuk menyaksikan langsung pertandingan yang bukan saja urusan kalah menang tetapi memperjuangkan harga diri sekaligus membayar segala kekecewaan yang yang dialami oleh tim Indonesia selama berlangsungnya SEA Games.

(Baca Juga : Kisah Seorang Saudagar India dan Burung dalam Sangkar)

Suporter Indonesia bergerak ke Stadion Shah Alam

Sejak kemarin, para suporter Indonesia yang datang dari luar Kuala Lumpur sudah bergerak dan sudah banyak yang bermalam di area halaman Stadion Shah Alam, Selangor.

Sampai siang tadi, mereka masih mengeluhkan sulitnya mendapat tiket karena ramai dan panjangnya antrean. Sementara loket tiket tak kunjung dibuka.

Sementara itu, hari ini, Sabtu (26/8/2017) pagi, ratusan masyarakat Indonesia berkumpul di luar pagar Kedutaan Besar RI di Jalan Tun Razak, Kuala Lumpur. Mereka berharap ribuan tiket gratis yang telah dibeli beberapa hari sebelumnya oleh Duta Besar Rusdi Kirana.

Menurut T.H. Salengke dalam tulisannya, tiket gratis dari Dubes Rusdi Kirana tidak diberikan secara personal tetapi diberikan kepada wakil-wakil paguyuban dan organisasi masyarakat Indonesia yang ada di Malaysia.

Bahkan sampai tulisan ini ditulis, masih banyak para suporter yang belum mendapatkan tiket. Bahkan dari hasil reportase di lapangan, sudah banyak orang-orang yang mengambil kesempatan menjual tiket yang harga RM21.20 (Dua Puluh Satu Ringgit dan Dua Puluh Satu Sen) itu dibanderol dengan harga RM30.00, seperti dilansir Kompasiana.

(Baca Juga : Heboh.. Di Iran Orang Jelek Dilarang Jadi Guru, Seperti Inilah Peraturannya)

Suporter Diingatkan Tidak Merusuh

Asisten Luis Milla, Bima Sakti dan Pelatih Timnas Malaysia Ong Kim Swee dalam jumpa pers bersama di Hotel Hilton, Petaig Jaya, Selangor mengingatkan kepada suporter kedua pihak untuk menikmati pertandingan. “Jangan ada rusuh baik di dalam maupun di luar stadion. Semuanya harus mengontrol emosi,” ujar mereka senada.

Namun demikian, banyak pihak yang memprediksikan akan terjadinya kerusuhan terutama antar suporter di luar stadion. Kekhawatiran ini datang dari masyarakat Indonesia dan juga masyarakat Malaysia.

Seandainya para suporter bisa menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan sportivitas dengan penuh kesadaran untuk menerima hasil apapun dari pertandingan, maka tidak akan terjadi apa yang dikhawatirkan oleh Bima Sakti dan Ong Kim Swee.

Semoga pertandingan berjalan lancar dan para suporter kedua negara bisa lebih dewasa dan sportif sehingga inti dari hajat besar SEA Games untuk merekat persahabatan negara Asia Tenggara dapat terwujud dengan baik.

Selamat bertanding Tim Garuda dan Tim Harimau untuk melaju ke final sepak bola SEA Games 2017. Selamat meraih kemenangan di babak final nanti.

Kemenangan sejati adalah kemenangan ketika kita semua kita senantiasa mampu menjaga menjaga kebersamaan dalam merajut tali persaudaraan antar masyarakat negara serumpun. (T.H. Salengke)

Sumber

(Visited 54 times, 1 visits today)
Loading...