Nenek Amina Sabtu. Sumber : Kitabisa.com

Patut Diapresiasi.. Amina, Penjahit Bendera Merah Putih Pertama di Tidore

Posted on

Bendera Merah Putih pertama yang berkibar di Indonesia Timur tahun 1946 dijahit oleh seorang wanita bernama Amina Sabtu atau yang biasa disapa Nenek Amina. Dia saksi hidup sekaligus figur penting dalam menyatukan wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Berkibarnya bendera tersebut sekaligus menyimbolkan Tidore dan kepulauan Maluku sebagai bagian dari Republik Indonesia. Ini menjadi hantaman telak bagi Jepang juga Belanda, yang hanya mengakui kemerdekaan RI di Pulau Jawa.

Selain Nenek Amina Sabtu sebagai penjahit/pembuat bendera, tercatat pula nama Abdullah Kadir, sepupunya, yang bersama sejumlah pemuda Mareku mengibarkan bendera hasil jahitan Nenek Na di Tanjung Mareku.

Seorang bloger bernama Eko Nurhuda (www.bungeko.com) ingin mengajak kita semua memberi tali asih sebagai penghargaan dan ungkapan terima kasih sebesar-besarnya atas keberanian Nenek Na, tanpa melupakan jasa almarhum Kakek Dullah tentunya, pada era perang kemerdekaan.

Yuk, ramai-ramai berdonasi dengan mentransfer ke nomor rekening yang telah ditentukan. Caranya gampang, klik banner di bawah ini:

kitabisa.com

 

(Visited 5 times, 1 visits today)
Loading...