Menabung (Kita Muda)

Wajib catat! 5 Tips Berhemat Selama Ramadhan

Posted on

Seringkali pada awal memasuki Bulan Ramadhan khas pengeluaran malah membengkak, padahal Anda sempat ingin bisa berhemat. Pada kenyataannya kita malah seringkali menghidangkan makanan berbuka secara berlebihan.
Bagaimana cara untuk berhemat di bulan puasa? Tidak mustahil bila Anda mengikuti Tips dari kami berikut dibawah ini.

 
1. Berbelanja pada awal bulan .


Meskipun kelihatannya barang yang kamu beli terlihat banyak, tapi belanja dalam jumlah besar bisa lebih hemat. Terkadang beberapa toko juga memberikan harga lebih murah pada barang yang diberi dalam jumlah banyak. Lebih baik lagi jika kamu belanja satu minggu sebelum bulan Ramadan sebelum harga bahan pokok naik.

 
2. Buat takjil berbuka puasa sendiri.


Daripada beli bukaan puasa di luar, lebih baik buat sendiri cemilan untuk takjil berbuka puasa. Hitung-hitung sambil mengisi waktu. Bila tidak sempat, kamu bisa rutin pergi ke masjid untuk berburu takjil, sekaligus melanjutkan ibadah sholat Magrib.

 

3. Batasi berbuka di luar rumah.


Pada Bulan Ramadhan dapat dipastikan cukup banyak ajakan untuk berbuka puasa bukan? Mulai dari teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, semuanya mengajak berbuka puasa bersama sekaligus untuk reuni. Coba deh kamu bikin prioritas, mana buka bersama yang memang benar-benar harus kamu datangi. Kalau kamu terlalu memaksakan untuk mengikuti semuanya, pengeluaranmu juga akan membesar.

 

4. Manfaatkan diskon dan promo.


Ini bisa jadi kesempatanmu saat berbelanja atau memilih tempat untuk buka bersama. Kamu bisa pilih restoran yang menyediakan diskon khusus saat Bulan Ramadan. Kamu juga harus cermat perhatikan diskon-diskon barang yang kamu butuhkan. Pilihan lainnya, kamu bisa berbelanja ke pasar tradisional untuk mendapat harga yang lebih murah.

 

5. Atur kualitas dan pola makan.


Kebanyakan masyarakat menganggap puasa menjadi sesuatu yang harus dirayakan. Boleh saja menyambutnya dengan bahagia, asal tidak berlebihan. Misalnya saat berbuka puasa. Tidak perlu kamu makan tiap hari di restoran mewah, asalkan gizi terpenuhi sudah cukup. Dengan pola makan seperti ini, tentu saja pengeluaranmu akan bisa dikontrol dengan baik.

(Visited 34 times, 1 visits today)
Loading...